Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok Dengan Cepat

Berhenti merokok tidaklah mudah. Banyak yang menyarankan, jika mereka tidak pernah merokok, sebaiknya jangan mencoba. Tak sedikit peneliti menyimpulkan menggunakan tembakau menyebabkan sejumlah penyakit dan risiko kematian.

Ada beberapa cara bagi orang untuk sadar kesehatan dan berhenti merokok. Di Indonesia, pemerintah memiliki kebijakan pajak rokok yang tinggi. Selain itu, paket rokok tidak lagi indah berkat citra paru-paru yang membusuk akibat meniupnya rokok. Berharap, agar perokok menjadi lebih sadar akan bahaya merokok.

Namun kampanye pemerintah tidak menjamin penahanan penggunaan rokok secara efektif di masyarakat. Niat untuk berhenti datang dari diri sendiri.

Direktur Pusat Penelitian dan Intervensi Tembakau di carakuhidupsehat.com University of Wisconsin, Michael Fiore kali ini Business Insider memberikan tip untuk berhenti dengan pendekatan ilmiah.

Niat dan persiapan tongkat

Sebelum berhenti merokok, hal pertama yang harus ditanamkan di pikiran adalah, tidak ada cara mudah untuk menghentikan ketergantungan merokok.

"Berhenti merokok adalah kerja keras," kata Fiore yang dikutip oleh Business Insider (18/8).

Namun, Anda bisa menggabungkan beberapa taktik untuk memudahkan prosesnya. Berhenti total merokok adalah mungkin, terutama jika Anda sudah mencoba berhenti untuk sementara waktu.

Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat melalui SmokeFree.gov merekomendasikan agar setiap orang memiliki rencana untuk berhenti merokok. Perencanaan antara lain menentukan alasan berhenti merokok, baik untuk kesehatan maupun keluarga.

Rencana ini juga melibatkan orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga dan teman, mengenal rencana dan mengidentifikasi pemicu yang bisa membantu Anda mulai merokok lagi.

Rokok mengandung nikotin, zat dalam tembakau yang memberi efek adiktif kepada pengguna. Fiore merekomendasikan minum obat sebagai komponen penghentian merokok.

Di bawah National Institutes of Health, terapi pengganti nikotin bisa menjadi permen karet. Permen karet bisa mengurangi gejala penarikan dengan memberinya sedikit kandungan nikotin.

Pengobatan

Jika pilihan di atas kurang efektif, maka Anda bisa mencoba pendekatan non-nikotin. Fiore menyarankan penggunaan varenicline atau lebih dikenal dengan Chantix. Terapi pengobatan mungkin dilakukan selama bulan-bulan awal mengalami proses.

Pilihan lainnya adalah Zyban. Kedua obat tersebut bekerja untuk menghalangi reseptor dan mencegah nikotin untuk mengaktifkan otak.

Konseling

Konseling juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk menunjang proses pengobatan. Fiore mengatakan, konseling bisa dilakukan dengan mengobrol dengan orang yang dicintai atau teman, atau bisa juga dengan profesional seperti psikolog.

Meditasi

Meski ada sesuatu yang jarang didengar, namun ada bukti bahwa meditasi bisa menjadi "alat" bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Sebuah studi kecil pada tahun 2013 menemukan bahwa 15 orang yang melakukan "Pelatihan Pikiran-Pikiran Integratif," sebuah bentuk pelatihan meditasi, dapat mengurangi merokok hingga 60 persen. Peserta kelompok dalam penelitian ini merasa santai dan santai tubuh dan pikiran dan tidak berpengaruh pada mengurangi merokok.

Berita

Satu jam latihan mungkin merupakan solusi lain untuk ketergantungan pada merokok. Anda bisa memilih berbagai olahraga seperti aerobik, berlari, berenang, atau bersepeda.

Rokok elektrik

Jika semua hal di atas gagal, rokok e-rokok atau rokok elektrik dapat membantu Anda berhenti merokok. Rokok listrik mengandung nikotin, tapi tidak ada senyawa berbahaya.

Rokok listrik masih tergolong baru, tanpa menyebutkan risiko jangka panjang penggunaan rokok listrik.

Meski tidak ada risiko kanker akibat penggunaan rokok listrik, namun penting untuk dicatat bahwa rokok listrik hanya berfungsi sebagai "jembatan" untuk bebas rokok. Fiore memperingatkan untuk tidak menjadikan rokok listrik sebagai pengganti rokok untuk pemakaian sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar